Perbedaan BPJS dengan Asuransi Kesehatan Swasta Lain

Artikel terkait : Perbedaan BPJS dengan Asuransi Kesehatan Swasta Lain

Sekarang ini banyak pertanyaan yang sering kita dengar dan kita jumpai tentang Asuransi Kesehatan yang ada di Indonesia. Misalnya; Lebih bagus mana sih antara BPJS Kesehatan dengan Asuransi Kesehatan Swasta lainnya? Mana sih yang lebih menguntungkan antara BPJS Kesehatan atau Asuransi Kesehatan Swasta? Apa sih perbedaan antara BPJS Kesehatan dengan Asuransi Kesehatan Swasta lainnya? Apa saja sih manfaat dari Asuransi BPJS dan Asuransi Swasta? Apa saja sih keuntungan memiliki Kartu BPJS Kesehatan? Apakah uang iuran BPJS Kesehatan dapat diambil atau ditarik kembali, meskipun tidak sakit? dan lain sebagainya.
Kelebihan dan Keuntungan BPJS Kesehatan dubanding Asuransi Kesehatan Lain

Nah, pada kesempatan ini, penulis akan mencoba memaparkan beberapa perbedaan antara Asuransi BPJS dengan Asuransi Kesehatan Swasta Lainnya. Harapannya para pembaca akan lebih pintar dan bijak dalam menentukan dan memilih Asuransi Kesehatan yang terbaik bagi anda dan keluarga anda.

Beberapa Perbedaan Antara BPJS Kesehatan dengan Asuransi Kesehatan Swasta Lain yang Wajib Anda Ketahui :

Iuran Peserta BPJS adalah Yang Paling Murah Dibandingkan Dengan Asuransi Kesehatan Lain.
Ya, sepertinya untuk urusan iuran asuransi kesehatan yang paling murah di Indonesia saat ini adalah BPJS Kesehatan. Iuran untuk kelas III hanya Rp. 25.500,- per bulan, kelas II Rp. 51.000,- dan kelas I Rp. 80.000,- Cukup murah kan? bila dibandingkan dengan asuransi kesehatan lainnya.

Asuransi BPJS Akan Mulai Aktif Setelah 7 Hari Sejak Pendaftaran.
Berbeda dengan asuransi kesehatan lain, di BPJS Kesehatan ketika anda sedang sakit, anda boleh daftar menjadi peserta BPJS namun biaya anda baru mulai akan dicover setelah Kartu BPJS Kesehatan anda aktif. Lalu berapa hari wakatu yang dibutuhkan untuk mengaktifkan kartu BPJS? Waktu yang dibutuhkan untuk Kartu BPJS aktif cukup singkat yaitu hanya 7 hari. Berbeda dengan penyedia Asuransi kesehatan lain, ketika anda mulai sakit, apalagi jenis sakit yang kronis, maka anda tidak diperbolehkan untuk daftar asuransi kesehatan tersebut.

Sistem Klaim Asuransi Kesehatan BPJS Sangat Cepat dan Boleh Bibilang Otomoatis.
Ya, berbeda dengan dengan asuransi kesehatan lain, untuk klaim dan pembayaran biaya perawatan akan langsung secara otomatis diurus oleh pihak rumah sakit yang bersangkutan. Pasien hanya daftar sesuai dengan persyaratan tanpa perlu melakukan klaim lagi ke pihak BPJS Kesehatan. Nah, sedangkan pada asuransi kesehatan lain, maka anda harus membayar dahulu ke pihak rumah sakit dan perlu melakukan klaim ke agen atau kantor penyedia asuransi kesehatan dan diurus barulah uang klaim akan dibayarkan.

Berobat Menggunakan Kartu BPJS Gratis dan Tidak Ada Tambahan Biaya Apapun Kepada Rumah Sakit.
Benar sekali bahwa ketika anda berobat menggunakan Kartu BPJS baik di Klinik, Puskesmas, maupun Rrumah Sakit, anda tidak perlu memembayar atau mengeluarkan DP dahulu, anda hanya mengeluarkan uang untuk biaya foto copy persyaratan daftar BPJS, biaya makan penunggu pasien dan perlengkapan mandi pasien seperti: diapers, underpad, sabun cair, pasta dan sikat gigi, minyak kelapa, dll.

Tidak Semua Rumah Sakit Mau Meenerima Pasien dengan Asuransi Kesehatan BPJS.
Berbeda dengan Asuransi Kesehatan lain yang mana anda bebas menentukan mau dimana anda akan dirawat ketika anda sakit. Tapi ketika anda berobat dengan Kartu BPJS maka anda hanya bisa berobat pada penyedia layanan kesehatan yang bekerja sama dengan Asuransi BPJS Kesehatan.

Uang Iuran Asuransi BPJS Tidak Dapat Ditarik atau Diambil Kembali.
Pada asuransi BPJS, semua uang iuran yang anda berikan tidak bisa ditarik kembali walaupun anda tidak pernah memakainya sama sekali. Uang iuran anda juga bukan merupakan tabungan untuk masa depan, jadi sampai kapanpun uang iuran anda tidak akan bisa diambil. Berbeda dengan penyedia Asuransi Kesehatan lain, yang mana disana ada program tabungan dengan jangka waktu tertentu, anda akan mendapatkan tabungan dari Asuransi Kesehatan anda.

Nah, itulah beberapa Perbedan antara Asuransi BPJS Kesehatan dengan Asuransi Swasta lainnya di Indonesia seperti: AXA Mandiri, BNI Life, BRI Life, Prudential, BCA Asuransi, Jiwasraya, Jagadiri dll. Semoga tulisan ini dapat menjadi manfaat bagi pembaca sekalian serta menambah wawasan dan informasi mengenai Asuransi BPJS Kesehatan dan Asuransi Swasta lainnya yang ada di Indonesia. 

Salam dari tim situsmedis..

Artikel KESEHATAN ONLINE Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 KESEHATAN ONLINE | Design by Bamz