Bantu Pemerintah atasi Covid-19 mahasiswa KKN UNDIP lakukan program ketuk pintu warga

Artikel terkait : Bantu Pemerintah atasi Covid-19 mahasiswa KKN UNDIP lakukan program ketuk pintu warga

Kabupaten Purbalingga - Provinsi Jawa Tengah mengalami tren lonjakan kasus infeksi virus corona beberapa hari terahir.Tidak terkecuali daerah di Purbalingga tecatat 1207 kasus Covid -19 dan  Kecamatan Karangreja terdapat 34 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 (purbalinggakab.go.id, 2021). Menurut juru bicara satgas Covid -19 RS UNS,Tonang Dwi Ardyanto menyebutkan angka kasus Covid -19 yang tinggi di jateng bisa dipicu oleh beberapa faktor salah satunya adalah ketidak patuhan terhadap protokol kesehatan.


Hal ini senada dengan  Kepala Desa Gondang menurutnya terkait masih tingginya kejadian kasus positif Covid-19 di Purbalingga khususnya desa Gondang salah satunya adalah ketidakdisiplinan warga dalam menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Ketidakdisiplinan warga dapat dilihat seperti tidak menggunakan masker ketika beraktivitas, belum rajin mencuci tangan dan masih sering berkerumun. Kepala desa Gondang juga mengatakan bahwa tingkat kepatuhan warga terhadap protocol pencegahan Covid-19 saat ini menurun bila dibandingkan dengan awal-awal Covid-19 masuk di Indonesia.

 Hasil observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa masih minimnya kebiasaan penggunaan masker dalam aktivitas sehari-hari dan terdapat banyak warga yang masih suka berkerumun.untuk itu kami  mahasiswa KKN TIM 1 Universitas Diponegoro Semarang tergerak untuk meningkatkan kembali kesadaran warga dengan melakuka peyuluhan tentang pentingnya protokol kesehatan pencegaha covid-19 .

Kegiatan KKN Mahasiswa Undip di Desa Gondan, Kec. Karangreja, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah

Penyuluhan dilakukan dengan cara ketuk pintu dari rumah ke rumah hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan dan dirasa lebih efektif karena penyulhan langsung ke individu.

Penyuluhan  yang kami  berikan adalah cara mencuci tangan yang baik dan benar sesuai standar WHO,pemakain masker dan hindari kerumuan. Sosialisasi ini ditujukan kepada masyarakat Desa di Gondang, kecamatan Karangreja,Kaupaten Purbalingga.

Sebelumnya kami telah melakukan penyuluhan pencegahan Covid-19 dengan cara menempelkan poster informasi Covid-19 di tepat-tempat umum. kami juga memberikan edukasi dan demonstarsi pencegahan covid-19 secara online melalui media sosial.

Dengan adanya program atau kegiatan ini diharapkan masyarakat peduli peran aktifnya agar apat bersama-sama untuk memutus mata rantai penularan virus corona dengan taat terhadap seluruh himbauan pemerintah.

Semua program yang dilakukan tersebut dibimbing oleh Dinalestari Purbawati, SE., M.Si.  selaku dosen pembimbing lapangan. Kegiatan KKN Undip Tim I dimulai pada tanggal 4 Januari hingga 16 Februari 2021.

Artikel KESEHATAN ONLINE Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 KESEHATAN ONLINE | Design by Bamz