LAWAN COVID, MAHASISWA UNDIP BERIKAN “KETAN ECO” DI WATESALIT KABUPATEN BATANG

Artikel terkait : LAWAN COVID, MAHASISWA UNDIP BERIKAN “KETAN ECO” DI WATESALIT KABUPATEN BATANG

Batang (2021) - Pada minggu kedua hingga ketiga pelaksanaan KKN Tim I telah dilaksanakan kegiatan program kerja yang disusun oleh Yuniarti Dwi astuti (39) tanggal 10-24 januari 2021 dengan tema “Pemberian Kelompok Rentan Edukasi Covid (Ketan Eco)” Kegiatan program kerja dilakukan di RT 01/ RW 05 kelurahan Watesalit kabupaten Batang. Prioritas penerima edukasi adalah kelompok rentan yaitu anak-anak dan lansia.


Program yang dilakukan bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam menerapkan PHBS di lingkungan keluarga masing-masing dan diharapkan perilaku ini dapat membudaya di masyarakat, sehingga dapat menjadi kebiasaan baru yang bukan hanya diberlakukan saat kondisi pandemi, kemudian memangkas kemungkinan penyebaran covid akibat aktivitas di lingkungan kelurahan watesalit, memberikan rasa aman serta mempertahankan kesehatan kelompok rentan  khususnya anak-anak dan lansia.

(Pemberian edukasi cara cuci tangan yang benar dengan 6 langkah 5 momen pada anak-anak Sekolah Dasar)

Dalam pelaksanaannya kegiatan dilaksanakan dengan memberikan edukasi, meliputi edukasi peningkatan disiplin protokol kesehatan, edukasi mengenai covid-19 dan pencegahannya, edukasi mengenai stigma negatif terhadap penderita dan keluarga yang terkonfirmasi covid, serta pemeriksaan kesehatan pada lansia dan edukasi bagaimana lansia tetap sehat selama pandemi. Program kerja ini dilakukan karena berdasarkan observasi yang dilakukan oleh mahasiswa, masyarakat masih terlihat abai terhadap protokol kesehatan. Kegiatan dilakukan dengan memberikan edukasi 6 langkah cuci tangan dengan benar dan 5 waktu cuci tangan pada anak-anak SD dengan menggunakan poster dan mempraktekan secara langsung secara bersama-sama, selanjutnya berurutan mempraktekkan satu persatu sebagai evaluasi pemahaman anak-anak terhadap edukasi yang sudah diberikan, selain itu deberikan masker bagi anak-anak yang mengikuti kegiatan cuci tangan bersama. Kegiatan edukasi lansia selama covid serta pemeriksaan kesehatan lansia dilaksanakan di gedung pertemuan RT 01/ RW 05 kelurahan Watesalit dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Edukasi dilakukan dengan memberikan brosur sekaligus memberi penjelasan pada lansia mengenai panduan lansia dalam mencegah covid-19. Pemeriksaan kesehatan lansia yang dilakukan diantaranya pemeriksaan tekanan darah dan glukosa darah. Anak-anak dan lansia menjadi prioritas karena merupakan kelompok rentan dalam suatu komunitas. Kegiatan edukasi juga dilakukan pada warga secara door to door dengan membagikankan brosur, buku spiral, dan poster yang selanjutnya ditempel di gedung pertemuan sebagai pusat kegiatan warga RT 01/RW 05 sehingga dapat menjadi pengingat warga yang melihat saat berkegiatan di gedung pertemuan ataupun ketika melewati gedung tersebut. Banner larangan meludah sembarangan dan poster etika batuk juga diberikan  sebagai upaya pemutus penularan covid.
KKN Tim I Undip tahun
2021 masih dilaksanakan dengan kembali di daerah masing-masing secara mandiri. Hal tersebut disebabkan masih tingginya angka kejadian covid-19 di Indonesia, khususnya di kabupaten Batang.

(Pemeriksaan kesehatan lansia dan edukasi panduan lansia cegah Covid-19)

Dalam program ini masyarakat diharapkan semakin sadar dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Sehingga dapat tercipta rasa aman dan terlindung dari ancaman virus corona terutama bagi kelompok rentan  yaitu anak-anak dan lansia.


Oleh:Yuniarti Dwiastuti (Prodi Keperawatan, Fakultas Kedokteran Undip)

Artikel KESEHATAN ONLINE Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 KESEHATAN ONLINE | Design by Bamz