Cegah COVID-19, Mahasiswa KKN UNDIP “RAMPINGKAN” Lansia

Artikel terkait : Cegah COVID-19, Mahasiswa KKN UNDIP “RAMPINGKAN” Lansia

Batang (26/1/2021). Para pendamping lansia dihimbau untuk memperhatikan lansia agar terhindar dari COVID-19 karena penurunan daya tahan tubuh dan penyakit komorbid atau penyakit bawaan seperti hipertensi, diabetes, jantung, dan asma.

Seiring bertambahnya usia, sistem imun pun ikut mengalami penurunan kemampuan dalam memberi respon terhadap agen penyebab infeksi, termasuk virus. Hal tersebut menyebabkan mereka lebih rentan terserang berbagai penyakit. Ujar Kabariyah, mahasiswa KKN Undip.

Mahasiswa KKN Tim 1 Undip tahun 2021 RAMPINGKAN (ramah pendampingan) lansia dalam memberikan edukasi pencegahan penularan virus corona kepada para lansia dan pendamping lansia di RT 001/ Rw 002 Desa Pasekaran. Edukasi tersebut berisikan tentang 3 hal penting menghindari virus corona yaitu “Iman, Aman, dan Imun”.

Iman, beribadah sesuai kepercayaan dan agama yang dianut. Mohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa

Aman, menerapkan protokol kesehatan yaitu selalu memakai masker, selalu cuci tangan, dan selalu menjaga jarak.

Imun, menjaga imunitas tubuh dengan berolahraga secara teratur, makan makanan dengan gizi seimbang, kelola stress, dan istirahat yang cukup.

Foto: Edukasi pencegahan penularan Covid-19 kepada lansia dan pendampingnya

Selain memberi edukasi juga memberikan demonstrasi cara cuci tangan menggunakan hand sanitizer dengan 6 langkah cuci tangan menurut WHO, dan membagikan leaflet, hands sanitizer dan masker.

Kegiatan dilakukan secara door to door ke rumah warga lansia sebagai tatalaksana kebijakan physical distancing di masa pandemi Covid-19.

Foto: Demonstrasi 6 langkah cuci tangan

Foto: Membagikan masker, handsanitizer, dan leaflet pencegahan Covid-19

Dengan adanya edukasi yang dilakukan mahasiswa KKN tim 1 Undip, pengetahuan lansia dan pendamping lansia mengenai pencegahan penularan Covid-19 meningkat dibuktikan dengan memberikan pertanyaan tentang apa yang telah disampaikan masyarakat dapat menjawabnya dengan benar.

“Semoga dengan pengetahuan yang diberikan oleh mahasiswa KKN Tim 1 Undip dapat merubah perilaku warga di RT 01 / Rw 02 Desa Pasekaran menjadi lebih baik, dan kita semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan oleh Allah SWT, aammiin” Kata Bapak Apriyanto selaku ketua RT 01/ RW 02 Desa Pasekaran.

Penulis: Kabariyah

DPL: dr. Siti Fatimah, M.Kes

Artikel KESEHATAN ONLINE Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 KESEHATAN ONLINE | Design by Bamz