Minimalisasi dampak pandemi di bidang ekonomi, mahasiswa Undip beri pelatihan pembuatan toko online pada warga Desa Gondang

Artikel terkait : Minimalisasi dampak pandemi di bidang ekonomi, mahasiswa Undip beri pelatihan pembuatan toko online pada warga Desa Gondang

Purbalingga (3/2) - Pandemi Covid-19 sangat memberikan dampak bagi seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Purbalingga khususnya pada sektor ekonomi. Dampak pandemi dimulai sejak awal virus corona masuk di Indonesia. Pandemi di bidang ekonomi memberikan dampak yang luar biasa kepada para pelaku ekonomi kecil termasuk juga pada para pedagang pasar, pelaku wisata, hingga seni dan budaya. Pada situasi pandemi seperti ini, kegiatan masyarakat diperketat artinya ada pembatasan kegiatan masyarakat yang berimbas kepada menurunnya pendapatan ekonomi keluarga (jatengprov.go.id, 2020).


Atas dasar permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Desa Gondang memiliki rencana program yang tentunya memiliki dampak baik dalam peningkatan ekonomi warga Purbalingga, khususnya warga Desa Gondang. Mahasiswa KKN Undip Desa Gondang mengajak para warga Desa Gondang yang memiliki handphone android untuk bisa memberikan income tambahan bagi penggunanya. Salah satunya yaitu dengan memiliki akun jualan/akun toko di shopee.

Pelaksanaan dimulai dengan pemaparan program kepada Kepala Desa Gondang, setelah disetujui mahasiswa KKN menyusun sarana dan prasarana yang diperlukan untuk melaksanakan pelatihan. Sehubungan pelaksanaan program dilakukan di masa pandemi yang mana mengharuskan tidak diperbolehkan adanya pertemuan maka pelatihan tersebut akan dilakukan secara daring/online. Tahap selanjutnya adalah mendata warga yang akan menjadi peserta pelatihan dan memberikan form google untuk melakukan mini survey pengetahuan warga Desa Gondang tentang berjualan online. Hasil dari survey tersebut 50% peserta pelatihan sudah memiliki akun shopee dan 100% peserta yang memiliki akun shopee tersebut hanyak digunakan untuk berbelanja, artinya belum ada yang memanfaatkan aplikasi tersebut untuk berjualan.

Pelatihan dilaksanakan pada malam hari tanggal 3 Februari 2021 mulai jam 19.30 s.d 21.30 WIB. Hal ini atas kesepakatan tim KKN bersama dengan warga Desa Gondang, mengingat pada siang hari mereka banyak yang tetap beraktivitas. Para peserta menunjukkan antusiasnya yang dilakukan dengan mengajukan berbagai pertanyaan seputar berjualan online di Shopee. 3 Peserta yang bertanya dan terpilih diberikan doorprize sebagai tanda reward dari tim penyelenggara. Pelatihan dimulai dengan pembukaan, pemutaran video motivasi, pemutaran video tutorial pembuatan toko online, praktik pembuatan toko online di shopee dan tanya jawab.

Gambar: Pelaksanaan pelatihan online pembuatan toko online di shopee.

Hasil atau luaran dari program ini adalah para peserta memiliki toko online sendiri di shopee dan para peserta bisa memulai berjualan di tokonya masing-masing. Manfaat lain setelah mengikuti pelatihan para peserta memiliki wawasan tentang berjualan online dan memiliki toko online yang dapat digunakan untuk berjualan sehingga dapat meningkatkan pendapatan dari keluarga.  Paska pelatihan mahasiswa KKN Undip melakukan pengamatan sebagai upaya evaluasi terhadap hasil dari program tersebut. Tidak hanya itu mahasiswa juga memberikan kesempatan kepada para peserta pelatihan yang ingin dibimbing secara langsung dalam memulai berjualan di shopee.

 

Oleh: Warsono (Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro)

Dosen Pembimbing: Dinalestari Purbawati, SE, M.Si.

Artikel KESEHATAN ONLINE Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 KESEHATAN ONLINE | Design by Bamz