Stop Penyebaran Covid-19 di Transportasi Umum, Mahasiswa Undip Ciptakan Poster "Per.hat.ian"

Artikel terkait : Stop Penyebaran Covid-19 di Transportasi Umum, Mahasiswa Undip Ciptakan Poster "Per.hat.ian"

Tambelan - (7/02/21). Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia begitu memprihatinkan, hingga kini telah 31 ribu nyawa melayang diakibatkan oleh ganasnya virus tersebut. Tingginya laju mobilisasi penduduk menjadi salah satu biang kerok sulitnya menghentikan persebaran pandemi di berbagai wilayah di Indonesia. Kondisi geografis indonesia yang variatif menjadikan alat transportasi umum seperti Kapal laut, pesawat, kereta api dan bus yang menjadi primadona bagi masyarakat kini justru menjadi bumerang mematikan. Kebijakan peningkatan deteksi kasus melalui pemeriksaan Rapid test antibody bagi setiap penumpang perjalanan antar laut darat dan udara pun diharapkan dapat menjadi senjata pamungkas menurunkan laju persebaran virus, namun hal itu seakan sia-sia belaka akibat minimnya pengetahuan masyarakat tentang cara melindungi diri dan keluarga yang menunggu dirumah dari Covid-19 saat dan setelah menggunakan alat transportasi umum.

Pulau Tambelan, salah satu kecamatan di Provinsi Kepulauan Riau ini menggunakan 2 mode transportasi yaitu jalur laut dan udara. Lokasi yang jauh dan cukup terpencil dari ibukota Provinsi ini mau tidak mau memaksa pemerintah dan  penduduk setempat untuk menggunakan 2 mode transportasi tersebut, baik itu untuk keperluan kedinasan maupun untuk keperluan membeli persediaan kebutuhan pokok bagi warga lokal. Tingginya frekuensi penggunaan moda transportasi umum tersebut mendapatkan perhatian khusus oleh Hendryk Priyatna mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Diponegoro Semarang yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Desa Kampung Hilir Kecamatan Tambelan dengan mengusung tema ”Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals)“.

2 program kerja pun telah disiapkan sebagai bukti keseriusan dan komitmen mahasiswa dengan fokus upaya promotif dan preventif Covid-19, salah satunya program PERHATIAN yang merupakan singkatan dari "Penerapan Protokol Kesehatan Selama Berpergian". Program ini menitikberatkan pada upaya edukasi  masyarakat tentang cara pencegahan penyebaran Covid-19 di mode transportasi umum dan langkah-langkah yang bisa dilakukan agar pengguna transportasi umum tidak menularkan virus tersebut pada keluarga dirumah.

Penempelan media edukasi (Poster) Covid-19

Poster "Per.hat.ian" sebagai jurus ampuh atasi Covid-19


Mahasiswa yang juga berprofesi sebagai ASN tersebut memilih Poster sebagai media edukasi yang diyakini sangat tepat di kala pandemi ini. Poster dengan desain eye catching ini di letakkan bersama warga setempat di berbagai titik area publik seperti bandara, pelabuhan, warung-warung setempat dan kantor desa Kampung Hilir kecamatan Tambelan,
hal ini di maksudkan agar masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi tersebut tepat sebelum melakukan perjalanan menggunakan mode transportasi laut dan udara.

Sosialisasi program pencegahan Covid-19

Hingga saat ini penerapan protokol kesehatan secara paripurna dalam setiap aktivitas masih menjadi kunci utama melawan pandemi ini, tak terkecuali pada saat menggunakan mode transportasi umum. Kelalaian dan sikap acuh tak acuh terhadap protokol kesehatan dapat menjadi hal sangat fatal ketika keluarga yang menunggu kehadiran kita dirumah malah terkena imbas dari perilaku negatif yang diakibatkan. maka dari itu, selalu berikan PERHATIAN khusus pada  diri sendiri, keluarga dan lingkungan terutama dalam PERHATIAN "penerapan protokol kesehatan selama berpergian".


Oleh : Hendryk Priyatna (Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro)

DPL : Prof. Dr. Ir. Florentina Kusmiyati, M.Sc.





Artikel KESEHATAN ONLINE Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 KESEHATAN ONLINE | Design by Bamz