CEGAH COVID-19, MAHASISWA UNDIP EDUKASI COVID-19 DAN BERDAYAKAN IBU RUMAH TANGGA MEMBUAT HAND SANITIZER ALAMI

Artikel terkait : CEGAH COVID-19, MAHASISWA UNDIP EDUKASI COVID-19 DAN BERDAYAKAN IBU RUMAH TANGGA MEMBUAT HAND SANITIZER ALAMI

Purbalingga (20-1-2021). Ada yang berbeda pada KKN UNDIP kali ini. KKN kali ini dilaksanakan di tempat tinggal masing masing atau dikenal dengan KKN PULANG KAMPUNG. Semakin meningkatnya kasus covid19 membuat masyarakat harus selalu waspada ketika bepergian keluar rumah. Salah satu cara menyiasati covid19 ialah dengan menggunakan hand sanitizer. Setelah dilakukan observasi, masih banyak tempat-tempat umum di Desa Purbayasa, Purbalingga yang dijadikan tempat berkumpul masyarakat tanpa menaati prokes. Pemasangan poster edukasi COVID 19 dilakukan di pos kamling di Desa Purbayasa, Purbalingga. Hal tersebut dilakukan sebgaia pengingat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan saat pandemic COVID19.


Hand sanitizer dibuat menggunakan bahan alami berupa daun sirih dan jeruk nipis. Daun sirih merupakan antiseptik alami yang dapat membunuh bakteri dan kuman. Komponen utama antiseptik ialah minyak atsiri, minyak atsiri dapat dijumpai di daun sirih. Jeruk nipis juga memiliki efektivitas membunuh bakteri dengan aroma yang khas dan disukai banyak orang. Kedua bahan tersebut mudah ditemukan di masyarakat. Keberadaan daun sirih dan jeruk nipis yang mudah ditemukan di masyarakat menjadikan kedua bahan ini cocok digunakan untuk membuat hand sanitizer.

Proses pembuatan hand sanitizer ekstrak daun sirih dan jeruk nipis juga praktis, mudah, dan murah. Daun sirih sebanyak 50gram dicuci, dipotong kecil-kecil, lalu direndam dalam wadah berisi air panas 100ml dan di steam selama 30 menit. Kemudian disaring untuk mendapatkan ekstrak daun sirih dan dicampur dengan 10ml air perasan jeruk nipis. Penulis melakukan sosialisasi pembuatan hand sanitizer alami menggunakan media brosur. Penulis juga membuat sampel produk sebanyak 15 botol yang dibagikan ke masyarakat di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga. Sosialisasi dilakukan secara door to door kepada 15 ibu rumah tangga dikarenakan saat KKN sedang dalam masa PSBB Jawa-Bali sehingga tidak diperkenankan mengadakan kegiatan yang berkerumun.

Foto: Sosialisasi covid-19 dan pemberdayaan ibu rumah tangga untuk membuat hand sanitizer alami

Para ibu rumah tangga yang mendapat sosialisasi merasa senang dan baru tahu jika kedua bahan tersebut dapat digunakan sebagai hand sanitizer alami. Monitoring dan evaluasi juga dilakukan menggunakan kuesioner pretest dan posttest.


Penulis: Dwi Agustin Ronawati (25000117140182)

Dosen Pembimbing Lapangan: Dinalestari Purbowati, S.E, M.Si,Akt

Artikel KESEHATAN ONLINE Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 KESEHATAN ONLINE | Design by Bamz