KKN di Masa Pandemi, Mahasiswa Undip Lakukan Ini

Artikel terkait : KKN di Masa Pandemi, Mahasiswa Undip Lakukan Ini

Klaten (6/2) – Wabah Covid-19 telah memaksa sebagian aktivitas masyarakat dikerjakan dari rumah, termasuk sektor pendidikan yang harus dilakukan secara daring (online). Hal ini turut berimbas pada pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, KKN Universitas Diponegoro kali ini dilaksanakan dengan konsep mahasiswa pulang kampung. Mahasiswa tingkat akhir ini diharapkan tetap mampu memberikan kontribusi secara nyata meskipun dalam masa pandemi Covid-19. Salah satu yang menjadi fokus KKN di bidang kesehatan adalah edukasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan, mengingat masih banyak masyarakat yang belum melaksanakan protokol kesehatan dengan baik, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak/menjauhi kerumunan (3 M). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta semua pihak, khususnya warga, dalam mencegah semakin meluasnya wabah Covid-19.



Dalam rangka memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat di Desa Pandes Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten, Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro melaksanakan sosialisasi tentang adaptasi kehidupan baru (new normal) dan 5 langkah cuci tangan pakai sabun. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman agar masyarakat dapat mengikuti protokol kesehatan dengan baik dan benar. Bentuk kegiatan dilakukan dengan edukasi 3 M, pemberian poster, pembagian masker dan hand sanitizer, serta menempelkan pedoman cara mencuci tangan dengan benar pada fasilitas tempat cuci tangan yang telah disediakan. Bentuk kegiatan dilaksanakan secara door to door untuk menghindari kegiatan yang mengumpulkan massa.

Selain edukasi tentang protokol kesehatan pada warga, mahasiswa KKN Tim 1 Undip juga berinisiatif untuk membuat program Tilik Simbah, sebuah program pemantauan kesehatan lansia yang dilakukan secara door to door. Hal ini didasarkan pada fenomena tingginya angka kematian akibat Covid-19 pada lansia, sehingga diperlukan kegiatan pemantauan kesehatan pada lansia. Melalui kerja sama dengan kader posyandu lansia, mahasiswa Undip melakukan kunjungan ke beberapa rumah lansia, dengan beberapa bentuk kegiatan meliputi edukasi 3 M (memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan/menjaga jarak), pembagian masker dan hand sanitizer, pengukuran tekanan darah, serta cek laboratorium sederhana (asam urat, kolesterol, dan gula darah).


Program Tilik Simbah ini diarahkan sebagai program permulaan posyandu lansia di masa pandemi. Program mulai dilaksanakan dari lingkup lingkungan yang terkecil yaitu rukun tetangga/RT. Tahap akhir yang ingin dicapai adalah evaluasi bersama kader untuk mengidentifikasi alternatif kegiatan yang dipandang efektif dalam memantau kesehatan lansia. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam memelihara kesehatan lansia dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Melalui pelaksanaan kegiatan ini diharapkan kesehatan lansia tetap terjaga, melalui kegiatan yang tidak mengumpulkan massa, sehingga tercapai tujuan yaitu lansia yang sehat dan mampu beraktivitas secara optimal.


Oleh: Susilo Hartono (Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro)

Artikel KESEHATAN ONLINE Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 KESEHATAN ONLINE | Design by Bamz