Peduli Situasi Pandemi Covid-19, Mahasiswa KKN Undip 2021 Edukasi Adaptasi Kebiasaan Baru Dan Praktek Membuat Hand Sanitizer Kepada Masyarakat Secara Daring, Serta Sayangi Lansia

Bantul (3/2) Data dari Satgas Covid menunjukkan bahwa kasus positif Covid-19 setiap hari terus bertambah. Program adaptasi kebiasaan baru yang diserukan pemerintah pun belum sepenuhnya dipatuhi oleh masyarakat. Masih banyak masyarakat di wilayah Wonotawang Rt 09 Ngentak tidak mematuhi protokol kesehatan. Terlihat dari beberapa masyarakat yang keluar rumah, kumpulan arisan, ngobrol dengan tetangga di pinggir jalan ataupun di depan rumah tanpa memakai masker. Salah seorang warga mengatakan bahwa lama-lama jenuh ketika harus selalu menggunakan masker, harus sering mandi setelah pulang dari bepergian. Dengan dimulainya pemberian vaksin tahap pertama kepada nakes membuat masyarakat merasa lega karena sebentar lagi akan terbebas dari serangan virus Covid-19.

Tips Edukasi Adaptasi Kebiasaan Baru Era Pandemi Covid-19


Adaptasi kebiasaan baru merupakan program yang digalakkan oleh pemerintah dimana masyarakat bekerja, belajar dan beraktivitas secara produktif di masa Pandemi Covid-19 dengan menerapkan hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan. Adaptasi kebiasaan baru ini berarti kita harus membiasakan diri dengan protokol kesehatan, tidak seperti ketika belum Pandemi. Mahasiswa KKN Tim I Undip memberikan edukasi secara daring agar dapat menjaring masyarakat lebih banyak, tidak membuat kerumunan sehingga dapat memutus rantai penyebaran Covid-19. Kegiatan edukasi secara daring lebih
 fleksibel dilakukan, karena dapat menyesuaikan dengan waktu luang warga di Wilayah Rt 09 Ngentak. Warga masyarakat berpartisipasi aktif dalam kegiatan edukasi secara daring, dibuktikan dengan banyaknya warga yang bertanya dan menyampaikan pengalaman, sehingga kegiatan ini berjalan dua arah.

KKN Pulang Kampung Mahasiswa Undip di Era Pandemi Covid-19

Praktek Cara Membuat Handsanitizer Mudah dan Sederhana


Dalam mendukung program adaptasi kebiasaan baru ini mahasiswa juga membagikan masker, hand sanitizer, leaflet dan memasang poster di beberapa sarana umum seperti TPQ, Mushola, Gedung Pertemuan, Pos Ronda, Tempat Pertemuan Arisan PKK dan Dasawisma. Mahasiswa memodifikasi praktek pembuatan hand sanitizer melalui video kemudian membagikan  ke grup Whatsapp, dan menjelaskan manfaat dari kandungan Hand sanitizer sehingga meningkatkan kesadaran maupun minat untuk selalu membawa dan menggunakan hand sanitizer saat bepergian.

 

Program KKN Undip Berkaitan dengan SDGs : "Sayangi Lansia"

Program sayangi lansia, juga dilakukan oleh mahasiswa Tim I KKN Undip 2021. Usia lanjut merupakan kelompok rentan, dimana memiliki resiko kematian jika terserang virus Covid-19. Mahasiswa KKN Tim I Undip memberikan dukungan kepada lansia dengan membagikan bahan makanan, melakukan pemeriksaan kesehatan umum, dan memberikan informasi tentang adaptasi kebiasaan baru.

Warga senang akhirnya ada yang memberikan informasi tentang Covid dan Adaptasi Kebiasaan Baru sehingga dapat meningkatkan wawasan dan kesadaran masyarakat terhadap situasi Pandemi Covid-19 saat ini. Ketua RT 09 Wonotawang dan beberapa warga mengatakan belum pernah menerima informasi secara langsung seperti ini apalagi ada sesi diskusi dan tanya jawab. Menurut warga, penempelan beberapa poster di beberapa tempat umum mengingatkan kewaspadaan akan virus Covid-19. Tidak hanya itu, beberapa lansia pun mengucapkan terimakasih dan terharu atas kunjungan dan perhatian yang diberikan oleh mahasiswa KKN karena merasa diberi perhatian dan disayangi.

 

Oleh: Zeni Widiastuti

DPL: Hendrik A.S.

 

 

Artikel KESEHATAN ONLINE Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 KESEHATAN ONLINE | Design by Bamz