Meningkatkan Pendapatan warga di era pandemi mahasiswa Undip beri pelatihan Teknik Pengemasan dan Labeling Produk Makanan secara Online pada warga Desa Gondang

Purbalingga (3/2) - Berbagai efek mulai bermunculan dari adanya penyebaran Covid-19.Semua negara dihadapkan pada kondisi dimana masyarakatnya terjangkit sehingga hampir semua aspek kehidupan manusia pun mengalami perubahan terutama di sektor perekonomian memberikan dampak yang sangat signifikan bagi perekonomian (Bahtiar & Saragi 2020).


Negara bahkan rela untuk memberikan suntikan dana kepada masyarakat yang kurang mampu agar tetap dapat melakukan kegiatan perekonomian. Salah satu dampak yang sangat dirasakan warga desa Gondang adalah penghasilan yang menurun semenjak diberlakukannya beberapa aturan terkait pencegahan Covid-19.Pelaku-pelaku UMKM pun mengalami dampaknya yaitu hilangnya pembeli dan atau saluran penjualan pun putus karena sistem jual beli di desa Gondang masih menggunakan sitem jual beli secara langsung.kondisi ini semakin berat karena putaran ekonomi tidak terjadi sehingga meningkatkan semakin banyaknya orang-orang yang jatuh miskin.

Atas dasar permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Desa Gondang memiliki rencana program yang tentunya memiliki dampak baik dalam peningkatan ekonomi warga Purbalingga, khususnya warga Desa Gondang. Mahasiswa KKN Undip Desa Gondang mengajak para warga Desa Gondang yang memiliki usaha di bidang kuliner untuk mengikuti pelatihan pengemasan dan labeling sebagai langkah awal sebelum di pasarkan melalui toko oline.

Pengemasan dan labeling dalam rangka memasarkan produk makanan sangat penting untuk dilakukan. Pengemasan selain berfungsi sebagai alat melindungi produk, juga meningkatkan daya tarik konsumen untuk membeli suatu produk tertentu. Sajian makanan ringan yang dikemas dalam wadah yang bersih, bagus, tahan air tentu akan meningkatkan penjualan. Selain hal terpenting dari kegiatan pengemasan ini adalah labeling. Labeling berfungsi sebagai identitas suatu produk agar konsumen dapat memilih produk secara benar dan tepat.

Konsep dan cara pengemasan produk makanan untuk jualan online


Pelaksanaan dimulai dengan pemaparan program kepada Kepala Desa Gondang, setelah disetujui mahasiswa KKN menyusun sarana dan prasarana yang diperlukan untuk melaksanakan pelatihan. Sehubungan pelaksanaan program dilakukan di masa pandemi yang mana mengharuskan tidak diperbolehkan adanya pertemuan maka pelatihan tersebut akan dilakukan secara daring/online.

Pelatihan dilaksanakan pada malam hari tanggal 3 Februari 2021 mulai jam 19.30 s.d 21.30 WIB. Hal ini atas kesepakatan tim KKN bersama dengan warga Desa Gondang, mengingat pada siang hari mereka banyak yang tetap beraktivitas.

Fungsi Kemasan secara mendasar adalah untuk mewadahi dan melindungi produk dari kerusakan-kerusakan. Hal ini sesuai dengan pendapat Simamora (2007) fungsi kemasan yaitu 1) fungsi protektif dan 2) fungsi promosional. Fungsi Protektif dimaksudkan sebagai upaya untuk menghindari berbagai kemungkinan kerusakan produk, baik karena iklim, prasarana transportasi, distribusi, dan lainnya. Sehingga dengan protektif ini para konsumen tidak perlu menanggung resiko barang rusak. Fungsi kedua yaitu promosional. Kemasan yang baik secara warna, ukuran, dan penampilan akan memiliki daya tarik tersendiri bagi pembeli untuk membeli produk tersebut.

Selain kedua fungsi di atas, fungsi lain dari kemasan adalah: 1) memudahkan distribusi pdoduk, sehingga tidak tercecer, 2) sebagai identitas produk yang membandingkan produk satu dengan yang lainnya, 3) menambah daya tarik calon pembeli.

Foto: Peserta pelatihan online cara pengemasan produk makanan untuk dijual online

Paska pelatihan mahasiswa KKN Undip melakukan pengamatan sebagai upaya evaluasi terhadap hasil dari program tersebut. Tidak hanya itu mahasiswa juga memberikan kesempatan kepada para peserta pelatihan yang ingin dibimbing secara langsung.

 

Oleh: Subroto Yudo Negoro (Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro)

Dosen Pembimbing: Dinalestari Purbawati, SE, M.Si.

Artikel KESEHATAN ONLINE Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 KESEHATAN ONLINE | Design by Bamz