KONSERVASI DAERAH SUMBER MATA AIR DESA GONDANG OLEH MAHASISWA KKN UNDIP

Artikel terkait : KONSERVASI DAERAH SUMBER MATA AIR DESA GONDANG OLEH MAHASISWA KKN UNDIP

 

Kabupaten Purbalingga. Ketersediaan air bersih bagi masyarakat Desa Gondang menjadi hal yang sangat penting. Air yang digunakan oleh masyarakat Desa Gondang sehari-hari adalah air yang diperoleh langsung dari sumber mata air pegunungan setempat. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk di Desa Gondang, membuat kebutuhan akan air juga semakin bertambah. Hal ini membuat ketersediaan air bersih semakin terbatas, terutama pada musim kemarau. Untuk itu, perlu diadakannya suatu program yang bertujuan untuk merawat kawasan sumber mata air tersebut.

Bersama warga melakukan konservasi daerah sumber mata air


Data yang saya peroleh dari masyarakat Desa Gondang adalah sebenarnya sudah pernah diadakan penanaman di kawasan sumber mata air tersebut. Akan tetapi, kesadaran masyarakat untuk melakukan perawatan terhadap tanaman-tanaman yang telah ditanam masih cukup rendah. Untuk itu, peran saya dalam program ini adalah untuk memunculkan suatu kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya perawatan tanaman konservasi agar dapat bertahan hidup dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama merawat tanaman di kawasan konservasi mata air Desa Gondang, Karangreja, Purbalingga.

 

Pemeliharaan terhadap mata air tidak hanya menyangkut keberadaan mata air secara fisik tapi juga mempertahankan kualitas air yang ada didalamnya. Oleh karena itu konservasi dapat dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kualitas maupun kuantitas nya. Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam upaya konservasi mata air ini diantaranya :

  1. Menjaga kawasan tangkapan hujan.
  2. Penggunaan air sesuai peruntukannya/seperlunya.
  3. Pengendalian terhadap orang-orang yang memasuki wilayah mata air.

 

Penulis : Febbiyan Maula Hakim (S1 Arsitektur, Fakultas Teknik)

Dosen pembimbing : Dinalestari Purbawati, SE., M.Si.

 

 

 

Artikel KESEHATAN ONLINE Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 KESEHATAN ONLINE | Design by Bamz