KELUARGA 3M, SOLUSI CEPAT HENTIKAN PANDEMI

Artikel terkait : KELUARGA 3M, SOLUSI CEPAT HENTIKAN PANDEMI

Peningkatan kesadaran masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan seringkali menemui jalan buntu meskipun berbagai upaya telah dilakukan pemerintah selama pandemi Covid-19. Masih banyak masyarakat yang tidak peduli dengan protokol 3M, seperti tidak memakai masker, tidak mencuci tangan, dan  tidak menjaga jarak, padahal hal ini telah di gaungkan pemerintah sejak 1 tahun lalu dan hingga kini  Covid-19 pun masih mewabah di Indonesia. Angka kasus positif sejumlah 1,12 juta orang dan angka kematian sejumlah 31rb orang per tanggal 5 Februari 2021 seakan di anggap angin lalu oleh sebagian masyarakat.


Mirisnya, kesadaran masyarakat justru terkesan menurun di sebagian Provinsi seperti Kepulauan Riau yang angka kasus Covidnya tidak sebanyak Provinsi lain di Pulau Jawa yaitu sejumlah 8230 kasus positif dan 204 angka kematian, hal ini bisa dilihat dengan masih maraknya kerumunan, minimnya kesadaran penggunaan alat cuci tangan atau hand sanitizer serta masih ditemuinya warga yang tidak mengenakan masker terlebih ditempat umum seperti di pasar dan tempat wisata, padahal pemerintah setempat telah berupaya semaksimal mungkin dalam menggerakkan kesadaran masyarakat. Kondisi ini akhirnya menggerakkan hati mahasiswa Universitas Diponegoro untuk ikut berupaya menemukan solusi terbaik mengatasi laju persebaran pandemi Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau, khususnya Kabupaten Bintan.

Momen pelaksanaan KKN Undip Tim I 2021 yang berlangsung sejak senin, 4 Januari 2021 hingga minggu, 14 Februari 2021 di maksimalkan oleh Hendryk Priyatna mahasiswa Fakultas Kedokteran Undip dengan menerjukan diri ke lokasi KKN di desa Kampung Hilir di Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Meskipun konsep KKN kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu KKN secara mandiri dengan tema ”Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals)“, namun hal itu tidak menurunkan semangat mahasiswa walaupun beraksi seorang diri.

Program edukasi Covid-19 mahasiswa KKN Undip Tahun 2021

Program atasi Covid-19 dengan "Keluarga 3M"

2 program kerja telah dibentuk sejak minggu pertama pelaksanaan KKN, salah satunya yaitu dengan membentuk "Keluarga 3M". Konsep 3M yang diusung merupakan sesuatu yang familiar bagi masyarakat dan sejalan dengan upaya promosi yang telah diupayakan pemerintah, hal ini dikarenakan agar program kerja mahasiswa Undip ini mudah di pahami dan diterima oleh  masyarakat. namun bedanya, "Keluarga 3M" lebih menekankan pada peningkatan pemahaman dan kepatuhan keluarga dalam penerapan protokol 3M. Tidak hanya itu saja, keluarga juga dibekali dengan pengetahuan umum tentang Covid-19, cara penyebarannya, cara pencegahan dan tips menjaga daya tahan tubuh selama masa pandemi.

Mahasiswa menyadari bahwa peran keluarga sangat penting dalam penerapan protokol kesehatan, adanya peran ibu yang selalu mengingatkan setiap anggota keluarga, maksimalnya peran ayah dalam memfasilitasi penerapan 3M serta remaja dan anak2 yang paham akan bahaya Covid-19 tentu akan meningkatkan kepatuhan dalam penerapan protokol kesehatan, yang pada akhirnya dapat menghentikan laju persebaran pandemi Covid-19 di Indonesia.


Oleh : Hendryk Priyatna (Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro)

DPL : Prof. Dr. Ir. Florentina Kusmiyati, M.Sc.

Artikel KESEHATAN ONLINE Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 KESEHATAN ONLINE | Design by Bamz