PERKETAT 3M, MAHASISWA UNDIP RELA BERKELILING DI ZONA MERAH COVID-19 KOTA PANGKALPINANG

Artikel terkait : PERKETAT 3M, MAHASISWA UNDIP RELA BERKELILING DI ZONA MERAH COVID-19 KOTA PANGKALPINANG

Pangkalpinang (23/1) - Pandemi covid-19 belum juga mereda, bahkan semakin meningkat. Jumlah pasien terkonfirmasi positif kian hari semakin bertambah di seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Berdasarkan data yang dihimpun dari info grafis Satgas Covid-19, Pusdalops BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tanggal 22 Januari 2021 menunjukkan jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Provinsi penghasil timah ini mencapai 3.821 kasus, lonjakan kasus tertinggi terjadi di Kota Pangkalpinang yakni mencapai 1.460 kasus. Tingginya lonjakan kasus covid-19 di Kota Pangkalpinang menyebabkan Ibu Kota Provinsi ini naik status dari zona orange menjadi zona merah.


Penyebab utama melonjaknya angka penyebaran virus covid-19 di Kota Pangkalpinang, khususnya Kelurahan Air Kepala Tujuh disinyalir karena menurunnya tingkat kesadaran masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan. Untuk itu, perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan dengan memperketat 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak). Hal ini sejalan dengan program kerja mahasiswa KKN UNDIP Semarang yakni memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan 3M sebagai langkah sederhana menyelamatkan nyawa.

Kegiatan KKN Pulang Kampung Mahasiswa Undip Tahun 2021 Kota Pangkalpinang

Sopian Hadi, salah satu mahasiswa KKN UNDIP Tim 1 dari Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran melakukan edukasi kepada masyarakat di Kelurahan Air Kepala Tujuh dengan berkeliling mengunjungi rumah warga yang tinggal di RT. 09 RW. 03 secara door to door agar selalu mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah, ditunjang dengan pembagian masker secara gratis. Program ini dilakukan berdasarkan kondisi lapangan, dimana masih terdapat warga saat keluar rumah tanpa menggunakan masker atau bahkan menggunakan masker secara tidak benar. Masih terlihat warga yang menggunakan masker tidak menutupi hidung atau hanya menutupi bagian dagunya saja. Selain itu, masih terlihat perkumpulan warga yang tidak memperhatikan batasan jarak fisik (physical distancing).

Edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan penularan virus covid-19 dengan perketat 3M dilakukan menggunakan media berupa leaflet secara door to door, dengan tujuan untuk menghindari terjadinya kerumunan warga. Pelaksanaan program ini telah berlangsung pada minggu kedua dan ketiga KKN UNDIP tim 1 yakni tanggal 11 – 22 Januari 2021. Melalui program ini diharapkan warga sekitar lebih memahami bahaya yang ditimbulkan akibat penyebaran virus covid-19. Selain itu, dapat bermanfaat bagi warga untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat yakni dengan menggunakan masker secara baik dan benar saat keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain, mencuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer, serta menjaga jarak saat bertemu warga lain minimal 1 meter. Hal ini dilakukan agar warga tetap sehat ditengah pandemi.

Reporter: Sopian Hadi_22020119183196 (Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran)

DPL    : Nenik Woyanti, SE., M.Si

Link web KKN UNDIP           : http://kkn.undip.ac.id/?p=184319

#kkntim1periode2021 #lppmundip #p2kknundip #undip

Artikel KESEHATAN ONLINE Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 KESEHATAN ONLINE | Design by Bamz